Perayaan HUT ke-75 Paroki Mamajang, Agustinus Bangun Ajak Umat Tingkatkan Peran Serta Dalam Membangun Makassar Yang Semakin Baik

Perayaan HUT ke-75 Paroki Mamajang, Agustinus Bangun Ajak Umat Tingkatkan Peran Serta Dalam Membangun Makassar Yang Semakin Baik

Redaksi
Senin, 06 November 2023

LINTASMAKASSAR.COM, MAKASSAR - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Paroki Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga Mamajang berpuncak pada Perayaan Ekaristi yang berlangsung dalam misa meriah di Gereja Katolik Paroki Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga  Mamajang, Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (05/11/2023). Misa dipimpin Uskup Agung Keuskupan Agung Makassar Mgr. Johannes Liku Ada' Pr. 

Usai misa, perayaan HUT ke-75 dilanjutkan dengan ramah tamah yang diawali   dengan nyanyian Hymne Paroki Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga Mamajang dan pemotongan tumpeng oleh Uskup Agung Makassar Mgr. Johannes Liku Ada', Walikota Makassar yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sainal Abidin, Pastor Paroki  Mamajang Alexander Palino. Turut Hadir Kapolsek Mamajang Kompol Sulkarnain, SKM, M.ADM, SDA, Danramil Mamajang Kapten Arh H. Jamaluddin, SE, M.Pd, Camat Mamajang M. Ari Fadli, S.STP.

Ketua DPD Vox Point Indonesia Sulawesi Selatan Agustinus Bangun, SH, MH mengatakan bahwa Paroki Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga Mamajang di usia 75 tahun telah menjadi rumah besar umat katolik yang  berkontribusi besar dalam menjaga kerukunan dan persatuan umat beragama.

"Semoga di usia 75 tahun ini umat Mamajang semakin matang dalam iman dan semakin menjadi   berkat bagi Kota Makassar. Mari kira terus menerus memelihara ketentraman Kota Makassar, khususnya menjelang perhelatan  pesta demokrasi Pemilu 2024, ujar Agustinus Bangun, SH, MH yang saat ini maju sebagai Caleg DPRD Makassar Dapil 1 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sementara itu, Pastor Paroki Mamajang Alexander Palino, MSC kepada awak media ini mengatakan, perayaan 75 tahun ini menjadi momen bagi kami umat katolik di Paroki Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga Mamajang mensyukuri bagaimana Tuhan yang telah menyertai perjalanan paroki sampai di usia saat ini.

"Kita bersyukur, perayaan ini adalah tanda bahwa kebaikan Tuhan itu sungguh terjadi nyata dalam diri kami dan umat yang hidup di tengah keberagaman bersama dengan masyarakat disekitar dalam mewujudkan jati diri seorang katolik yang sejati sehingga perayaan 75 tahun ini menjadi kesempatan juga bagi kami untuk melihat apa yang sudah kami lakukan selama ini," kata Pastor Alexander Palino.

Lebih lanjut, dari perayaan ini kami berharap iman umat katolik tetap tumbuh semakin berakar dan berbuah kemudian buahnya itu tidak hanya dinikmati secara internal tetapi dari hidup beriman akan dapat dialami dan dirasakan oleh seluruh masyarakat yang ada disekitar," tambahnya.

Kami berterima kasih dan bersyukur, banyak orang yang terlibat ambil bagian dalam perayaan HUT ini sehingga seluruh rangkaian acara yang berpuncak pada hari ini berlangsung hikma dan meriah.

Ia menambahkan, hidup di gereja itu sangat membutuhkan kekompakan dan kerjasama. "Saya bersyukur serta berterima kasih kepada para pastor pendahulu yang sudah bekerja, melayani sejak terbentuknya paroki ini sudah menanamkan persatuan dalam mempersatukan seluruh umat yang ada di paroki ini.

"Jadi saya meneruskan saja apa yang sudah dilakukan para pastor pendahulu. Olehnya itu, bersama rekan saya Pastor Simon Gostelmangumpil akan terus bersama-sama menjaga supaya persatuan dan kerjasama yang ada dikalangan umat itu tetap terpelihara. Itu terlihat dari hasil yang menyenangkan juga mengembirakan acara hari ini boleh berlangsung dan berjalan dengan baik,," terangnya.

Sebagai Pastor Paroki, saya berharap melalui kebersamaan, persatuan yang sudah terjalin selama ini tetap akan dilakukan dalam masa-masa akan datang baik di usia saat ini dan seterusnya itu juga menjadi momen untuk tetap menjaga persatuan, meneguhkan iman dengan membagi seperti tema dari Bapa Uskup kita kali ini "Berbagi Kehidupan Kepada Semua Orang". Kedepan semoga umat Katolik Mamajang semakin bertumbuh dalam iman serta berani untuk berbagi kehidupan kepada semua orang," pungkasnya.


(*Rz)